Yahya Yazid Angkat Bicara Strategi Pembangunan

Yahya Yazid ==== 002 ====
STRATEGI PEMBANGUNAN


Masalah kemisknan merupakan masalah yang besar. Disisi lain anggaran yang tersedia untuk pengentasan kemiskinan terbatas jumlahnya. Oleh sebab itu strategi yang tepat dalam model pembangunan yang akan dilaksanakan sangat diperlukan. Beberapa strategi pokok berikut bisa jadi bahan pertimbangan untuk dilaksanakan.

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan prasyarat utama bagi pemecahan berbagai masalah pembangunan. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan menjamin berlangsungnya penyerapan tenaga kerja dan meningkatnya kapasitas ekonomi sehingga kesejahrteraan penduduk secara agregat akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi inilah kunci utama pengentasan kemiskinan.
Secara teori pertumbuhan ekonomi dipengaruhi beberapa faktor sebagai berikut:
~Konsumsi masyarakat
~Investasi
~Belanja Pemerintah
~Net Export-Import

Besarnya konsumsi masyarakat akan meningkatkan besarnya pertumbuhan ekonomi. Semakin besar konsumsi berarti juga meningkatnya demand terhadap produksi barang barang-barang konsumsi. Hal ini berati pula meningkatknya transaksi perdagangan barang dan jasa. Peningkatan transaksi ini pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi ini, perlu ada upaya menghindari keluarnya dana keluar daerah. Mesyarakat perlu dimotivasi dalam membeli barang/jasa lebih mengutamakan produksi lokal, atau setidaknya melaui pelaku-pelaku pedagang lokal.

Investasi akan mendorong aktifitas ekonomi. Investasi, selain akan meningkatkan kesempatan kerja juga akan menciptakan nilai tambah dari barang dan jasa yang diproduksi.
Investasi yang dilakukkan baik oleh pemerintah maupun swasta hendaknya lebih diarahkan kepada investasi padat tenaga kerja. Hal ini dimaksudkan agar lebih mengoptimalkan penyediaan lapangan kerja.

Belanja pemerintah dalam kegiatan pembangunan menyangkut dua saspek. Yang pertama belanja tidak langsung, berupa pembayaran gaji/honor dan belanja langsung dalam rangka pengadaan barang/jasa sarana/prasarana yang dibutuhkan masyarakat. Dengan belanja pemerintah, kapasitas ekonomi maupun sosial masyarakat akan meningkat seiring dengan beredarnya uang di masyarakat dan tersedianya barang/jasa maupun prasarana publik.

Belanja pemerintah harus efektif artinya betul-betul dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat seperti barang-barang publik, dan sekaligus harus efisien yaitu cermat dan tidak boros. Belanja yang penuh perhitungan dan cermat akan lebih meningkatkan daya guna setiap anggaran yang dibelanjakan.

Net export–impor harus surplus dalam neraca perdagaangnan antar daerahnya. Kondisi surplus ini berati terjadi aliran devisa masuk yang sangat berpengaruh untuk mendorong ekonomi tumbuh dan berkembang baik.

Itulah uraian “Yahya Yazid Angkat Bicara Strategi Pembangunan” di sebuah grup facebook Pemilihan bupati kebumen.

Diterbitkan oleh

rodin

Sedang mencari inspirasi untuk mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *