Pemilihan Bupati Kebumen

Agenda pemilihan Bupati yang baru tergolong masih lama yaitu diperkirakan bulan Desember 2015.

Biarpun waktunya masih 9 bulan lagi, namun agenda untuk persiapannya sudah dimulai semenjak bulan November 2014. Sangat menarik menurut saya, karena persiapannya 1 tahun sebelum Hari H pemilihan kepala daerah Kebumen yang baru. Hal itu ditandainya dengan undangan Komisi A  DPRD Kebumen kepada KPU Kebumen untuk rapat koordinasi pada tanggal 6 November 2014 .

Menanggapi hal itu saya bangga terhadap kinerja kedua lembaga negara tersebut. Persiapan yang sangat panjang, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentu saja semoga mampu melaksanakn dengan baik dan mendapatkan pemimpin baru yang bisa bekerja mampu melayani masyarakat dengan baik.

Pada tanggal 11 november 2014, KPU Kebumen melakukan sosialisasi ke lembaga-lembaga terkait mengenai sosialisai Perpu nomor 1 tahun 2014. Dalam perpu tersebut berisi berbagai peraturan mengenai pemilihan kepala daerah baik bupati, walikota, ataupun gubernur.

Kutipan Perpu nomor 1 Tahun 2014 :

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ini

yang dimaksud dengan:

  1. Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang selanjutnya disebut Pemilihan adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memilih Gubernur, Bupati, dan Walikota secara langsung dan demokratis.
  1. Uji Publik adalah pengujian kompetensi dan integritas yang dilaksanakan secara terbuka oleh panitia yang bersifat mandiri yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi atau Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, yang hasilnya tidak menggugurkan pencalonan.
  1. Calon Gubernur adalah peserta pemilihan yang diusulkan oleh partai politik, gabungan partai politik, atau perseorangan yang mendaftar atau didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum Provinsi.
  1. Calon Bupati dan Calon Walikota adalah peserta pemilihan yang diusulkan oleh partai politik, gabungan partai politik, atau perseorangan yang mendaftar atau didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.
  2. Selengkapnya… download PERPPU_Nomor_1_Tahun_2014

Diterbitkan oleh

rodin

Sedang mencari inspirasi untuk mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *