KEPEMILIKAN LAHAN PETANI YANG SEMAKIN SEMPIT

KEPEMILIKAN LAHAN PETANI YANG SEMAKIN SEMPIT

Salah satu masalah yang dihadapi petani adalah Kepemilikan lahan untuk bertani yang semakin menyempit dan berbanding terbalik dengan pertambahan jumlah petani/penduduk ditiap desa,

Karenanya pengaturan tentang tataguna lahan menjadi agenda yang perlu secara serius dilakukan, tentu saja ini wilayah diaras kebijakan yang dominan menjadi kewenangan desa, pada sisi ini pemerintah daerah berkuwajiban memberikan dukungan maksimal kepada pemerintah Desa. Dukungan dimaksud dapat berupa dana atau penguatan kapasitas SDM bagi stakeholder desa. setidaknya ada beberapa agenda yang penting untuk dilakukan, diantaranya sbb :

1. Pentingnya perda dan atau perdes tentang Tataguna lahan, sekurang kurangnya memuat beberapa aturan tentang :
a) jual beli lahan perlu ada proteksi jangan sampai warga desa menjadi penumpang didesanya sendiri karena lahan didesanya dimiliki oleh pihak luar desa.

b) Penataan pemukiman dan perlindungan lahan produkti dari upaya alih fungsi lahan ke non produktif.

c)Pengaturan pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber sumber agraria dan sumberdaya alam yang ada di desa ( misal : potensi tambang, batu, pasir, dll) harus atas persetujuan warga mayoritas dan dalam pelaksanaan dan pengelolaannya harus menempatkan warga setempat sebagai pelaku utama,bukan malah digusur.

d) Pengaturan pemanfaatan lahan pertanian, sistem sewa atau bagi hasil terhadap tanah milik desa atau milik petani kaya agar diprioritaskan kepada petani yang tidak memiliki lahan atau petani berlahan sempit sebagai penggarapnya.

2. Optimalisasi pemanfaatan lahan produktif yang ada didesa, baik lahan persawahan maupun tanah pekarangan, melalui gerakan diversifikasi dan intensifikasi tanam.

3. Gerakan Penyuburan lahan, melalui pemanfaatan libah ternak dan tani, diolah menjadi pupuk organik dan ditebar merata diseluruh lahan produktif yang ada di desa.

Kepada sidang pembaca dan pemirsa yang budiman semoga berkenan melakukan koreksi atau melengkapi, sumangga kami persilahkan. Terimakasih.

Diterbitkan oleh

rodin

Sedang mencari inspirasi untuk mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *