harapan warga kebumen kepada calon bupati kebumen

Harapan dan Pertanyaan untuk Ketiga Pasang Calon Bupati Kebumen

Ada pertanyaan dari saya (Siswoto Adjie) kepada ketiga cabup dan pasangannya.

  1. Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu Komisi Fatwa MUI menyebut bahwa iuran dalam transaksi yang dilakukan BPJS Kesehatan tidak sesuai dengan ketentuan syariah.
    Apa pendapat anda t
    entang hal ini ?
  2. Pertanyaan berikutnya dari saya…..
    Salah satu kewenangan yang melekat dengan pelaksanaan otonomi daerah adalah kewenangan untuk membentuk Peraturan Daerah. Peraturan daerah merupakan instrumen hukum, sebagai dasar normatif bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi daerah.
    Beberapa waktu lalu Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa semua peraturan yang dibuat pemerintah daerah tidak boleh bertentangan dengan ideologi dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Hal tersebut disampaikan Tjahjo terkait dengan ditemukannya 139 Peraturan Daerah (Perda) yang diajukan daerah namun tidak sesuai.
    Apa langkah anda, jika berhasil terpilih menjadi kepala daerah, agar perda yang dibuat tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan diatasnya ?
  3. Ini pertanyaan terakhir di sessi ini….. (3 pertanyaan jika anda jawab dengan bagus, saya yakin cukup mempengaruhi sikap calon pemilih).
    Beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan penerimaan siswa baru. Gratis kah ? Tidak….. Murah ? Entahlah. Sekian juta untuk masuk SD. Tingkat SLTP dan SLTA lebih tinggi lagi. Lho ? Biaya sekolah, kok mahal…! Bukankah sekolah gratis?

Nah…. dalam pilkada ini, apakah anda akan mengangkat isue / membuat janji tentang SEKOLAH GRATIS ?

Pertanyaan tersebut, admin angkat dari sebuah grup facebook pemilihan bupati kebumen. Grup tersebut merupakan tempat paling rame dan seru untuk membicarakan tentang pilkada di kota Kebumen. Hal ini menjadi menarik karena semakin banyak yang mengenal para calon bupatinya dan para timses yang berusaha keras mengenalkan calon bupatinya melalui media sosial.

Bagi kalangan netizen mungkin tidak asing mengenai facebook, lalu bagaimana dengan orang awam yang tak mengenal internet? Nah ini kewajiban para netizen untuk mengabarkan kabar berita tentang Kebumen kepada para warga kota Kebumen yang tak mengenal internet ataupun social media. Karena tidak semua warga kebumen bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi pilkada kebumen.

Baik untuk mengenal para calon bupatinya maupun program-programnya, harapan admin tentu saja ada hubungan emosional antara warga dan calon bupati untuk lebih mengenal satu sama lain. Caranya bagaimana? calon bupati turun ke bawah melihat kondisi lapangan sesungguhnya dan mengenali apa yang dibutuhkan oleh para pemilihnya / warga kebumen.

Banyak sekali harapan yang diinginkan oleh warga kebumen, ada beberapa harapan yang sangat sensitif yaitu :

  1. Basmi pungli di Samsat Kebumen ataupun instansi-instansi terkait lainnya.
  2. Pembangunan SDM, bisa dengan sekolah gratis. Sebagi gambaran saja, singapura dan jepang adalah negara dengan SDM terbaik di dunia. Singapura kecil wilayahnya tapi bisa menguasai dunia perdagangan karena SDMnya mumpuni.
  3. Jangan persulit birokrasi, orang hidup sudah susah. Jangan dibuat susah lagi dengan urusan birokrasi yang buruk.

Mungkin itu harapan dari sebagian besar warga kebumen, benahi Kebumen dari diri kita sebagai warga dan sebagai aparatur pemerintahan. Semoga artikel yang berjudul “Harapan dan Pertanyaan untuk Ketiga Pasang Calon Bupati Kebumen” bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi yang positif.

Diterbitkan oleh

rodin

Sedang mencari inspirasi untuk mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *