Belajar Dari : Lee Kuan Yew

lee
Sumber gambar : Vulcan Post

Banyak hal yang bisa dipelajari dari alamarhum mantan legenda perdana menteri Singapura Lee Kuan Yew (1959-1990).

Negara kecil disulap menjadi negara pusat bisnis di asia oleh bapak bangsa pendiri negara Singa ini. Dengan bermodalkan pemerintahan yang bersih membuat negara ini paling bersih dari korupsi di asia. Kejujuran menjadi modal awal untuk menjalankan roda pemerintahan untuk sepenuhnya kepentingan rakyatnya.

Beliau termasuk 100 orang yang berpengaruh ke dunia menurut majalah times. Banyak dikagumi oleh para pemimpin dunia, cara memimpin sebuah negara pun banyak diadopsi oleh negara lain. Memilik visi masa depan untuk negaranya, hingga negaranya mampu berkembang pesat dengan hanya mengandalkan sumber daya manusia.

Dengan kegigihannya dan para pendukungnya mampu membuat negara Singapura menjadi pusat bisnis di Asia bahkan Dunia. Yang awalnya pendapatan perkapita $500 sekarang menjadi $73.000 dua kali lipat pendapatan perkapita negara Inggris yang dulu menjajahnya.

Dalam masa kepemimpinnanya, memberikan pelayanan publik yang netral, efisien dan jujur juga merupakan jadi salah satu faktor keberhasilan Singapura. Jika ada pejabat publik yang menerima suap maka dihentikan dari jabatannya juga otomatis karir politik selesai.

Singapura pun tak tergantung kepada bantuan negara asing. Apakah Indonesia mampu bangkit dengan banyaknya sumber daya alam yang melimpah? Sumber daya manusia pun tak kalah banyaknya dari negara singapura. Bersih, jujur menjadi kuncinya.

Diterbitkan oleh

rodin

Sedang mencari inspirasi untuk mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *